Mutiara kata al-Imam al-shahid Hasan al-Banna


"Wahai kawanku kamu sibuk dan cemas di dunia ini dalam 2 hal iaitu rezeki & ajal, sedangkan kamu tidak kuasa atasnya dan hanya Allah yang Maha Menguasai. Janganlah kecemasan dan ketakutanmu menghalangimu dari menunaikan kewajipan-kewajipannmu. Kalau Allah besertamu, janganlah takut kepada siapa pun dan kalau Allah sudah tidak lagi besertamu, maka siapa lagi yang akan kamu harapkan?"
(al-Imam al-shahid Hasan al-Banna)

Ku tulis mutiara kata dari al-Imam al-Shahid kali ini kerana aku amat terasa sakit hati apabila membaca artikel² segolongan bijak pandai yang hipokrit yang mencaci perjuangan Ikhwan dan memperlekehkan ketokohan al-Imam al-shahid Hasan al-Banna yang kini bertebaran di lewat Internet, ku mohon moga² mereka kembali bertaubat dan menginsafi diri.. Cukuplah kiranya ku nukilkan pujian Syekh Abul Hasan Ali An-Nadawi rahimahullah terhadap al-Imam, moga kita semua tergolong dikalangan umat Muhammad s.a.w yang mencintai para ulama'.. Insha Allaah.

"Hasan Al Banna adalah seorang figur da'i yang mendapat taufiq dari Allah swt, dan pemimpin ishlah (reformasi ummat) yang mujahid, genius, cerdas, berbakat, dan murabbi sekaligus. "… keberadaan mereka-mereka yang mushlih (melakukan ishlah), mujahid, 'abqari (genius), nubugh (cerdas), mauhub (berbakat), muayyad (mendapatkan dukungan dari Allah), dan murabbi (pendidik), serta para pemimpin ishlah yang muncul dan tampil dalam situasi dan kondisi yang tidak mendukung, iklim yang tidak pas, bahkan zaman kegelapan yang sangat pekat, ditengah-tengah lingkungan yang membunuh dan mematikan, di tengah-tengah masyarakat yang terkena kelumpuhan berpikir, ruhani yang kosong, 'athifah (empati+simpati+emosi) yang dingin, kemahuan yang lemah, tekad yang lentur, semangat yang rapuh, badan yang loyo, kehidupan yang labil, akhlaq yang rosak, cenderung bersenang enak-enakan, tunduk kepada kekuatan dan keterputus-asaan untuk melakukan perbaikan".

(Mudzakkirat da'wah wad-da'iyah oleh Syekh Abul Hasan Ali An-Nadawi)

0 comments:

Post a Comment